Sosialisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Intraktif Berbasis Mobile Learning Pada Guru Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.58918/ulina.v1i1.182Keywords:
Media Pembelajaran, Mobile Learning, Android Untuk Anak, Game EducationAbstract
Media pembelajaran yang berkualitas akan menghasilkan minat belajar yang tinggi dan daya fikir yang kreatif, terutama pada anak usia dini. Pada dasarnya usia anak prasekolah atau yang disebut “golden age”, sangat peka dan sensitif terhadap terhadap keinginan mengenal benda dan objek-objek baru yang ada disekitarnya baik melalui penglihatan maupun pendengaran. Pada usia ini anak sangat membutuhkan pendidikan dan pembelajaran yang mudah, menarik dan mengandung unsure game (permainan) sehingga akan menumbuhkan minat belajar bagi anak usia pra sekolah terutama dalam pengenalan huruf dan angka. Selama ini sistem pembelajaran di taman kanak-kanak secara umum masih menggunakan sistem konvensional yang masih menggunakan media peraga kertas gambar dan papan tulis yang mengakibatkan siswa sering merasa bosan dan motivasi belajarnya berkurang. Untuk mengatasi hal ini maka perlu dilakukan sosialisasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis mobile learning kepada guru-guru yang mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maupun Taman Kanak-kanak (TK). Sehinga metode belajar yang diterapkan untuk murid lebih kreatif, inovatif dan inteaktif. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan minat belajar siswa PAUD dan TK akan semakin meningkat dan mutu pembelajaran akan semakin tinggi.
References
Butsianto, S. (2017), “Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android” , Jurnal teknologi Pelita Bangsa SIGMA, Volume 6 nomor 2 maret 2017 ISSN: 2407-3903.
Wahyuningsih, S., dkk, (2020), “Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun”, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN: 2549-8959 Online) 2356-1327 (Print), Volume 4 Issue 1 (2020) Pages 305-311
Senduk, E. P.,Sinsuw, A. A. E., & Karouw, S. D. S. (2016); “M-Learning Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality”, E-Journal Teknik Informatika Vol.9 No 1 (2016), ISSN: 2301- 8364.
Anshori, S., (2016), “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran”, Civic- Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya,ISSN 2579-9924 (Online), ISSN 2579-9878 (Cetak) Hal. 88-100
Rahmawati & Budi, (2018); “Pengaruh Media Pembelajaran Abjad Berbasis Mobile Terhadap Peningkatan Kecerdasan Kognitif” , Artikel Magister Teknik Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas ndonesia.
Sugiyono. (2017). “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Alfabeta Bandung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maradu, Fauzi, Sartana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
