Pemberian Bantuan Fasilitas Perpustakaan dan Pelatihan Administrasi Perpustakaan di PKBM-Emphaty Medan

Authors

  • Jung Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
  • Rafika Sari Br Sembiring Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
  • Viktor Saputra Ginting Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
  • Adi Harianto Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
  • Devia Febrina Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis

DOI:

https://doi.org/10.58918/ulina.v1i1.190

Keywords:

Fasilitas Perpustakaan, Pelatihan Administrasi, Perpustakaan

Abstract

Layanan Perpustakaan adalah pemberian bantuan, fasilitas dan penunjukan untuk mempermudah pengguna dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan secara cepat dan mudah. Layanan perpustakaan berarti untuk memenuhi kebutuhan informasi penggunanya, perpustakaan harus menyediakan bahan pustaka sesuai dengan yang diperlukan secara tepat dan akurat, sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Layanan perpustakaan merupakan citra dari suatu perpustakaan.Tidak ada perpustakaan jika tidak ada layanan. Tujuan perpustakaan memberikan layanan bahan pustaka kepada pengguna adalah agar bahan pustaka yang telah dimiliki perpustakaan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pengguna. Oleh karena itu harus diusahakan agar pengguna memanfaatkan bahan pustaka di perpustakaan. Usaha itu dilakukan melalui promosi jasa perpustakaan  agar pembaca tahu bahan pustaka apa saja yang dimiliki. Fungsi Layanan menyajikan informasi guna kepentingan pengguna mempertemukan dengan bahan pustaka yang diminati. Harus diusahakan agar perpustakaan menyelenggarakan kegiatan  yang mebuat senang datang ke perpustakaan serta bimbingan dan peningkatan minat baca. Perpustakaan harus berusaha semaksimal mungkin untuk mencarikan bahan pustaka yang dikehendaki pengguna walaupun harus meminjam ke perpustakaan lain atau menunjukkan dan menyediakan sumber informasi lainnya yang bersifat rekreasi.

References

Henry, C.L., Vardeman, K.K. and Syma, C.K. (2012). Reaching out: connecting students to their personal librarian. Reference Services Review, 40(3), 396-407.

Holmes, C. and Woznicki, L. (2010). Librarians at your doorstep roving reference at Towson University. College & Research Libraries News, 71(11), 582-585

Mutijo. 1993. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Martoatmojo Karmidi. 1997. Manajemen Perpustakaan Khusus. Jakarta: Universitas Terbuka.

___________. 1993. Pelayanan Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rohanda. 2000. Fungsi dan Peranan Perpustakaan Sekolah. Disampaikan dalam rangka seminar sehari Ikatan Pustakawan Indonesia.

Sulistyo Basuki. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2023-01-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pemberian Bantuan Fasilitas Perpustakaan dan Pelatihan Administrasi Perpustakaan di PKBM-Emphaty Medan. (2023). ULINA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 19-22. https://doi.org/10.58918/ulina.v1i1.190