Pendampingan dan Pelatihan UMKM Kerupuk Krecek Gurih Barokah Gundi Sedah Berbasis Teknologi Informasi yang Berdaya Saing di Era Digitalisasi

Authors

  • Aan Zainal Mutttaqin Universitas PGRI Madiun
  • Edwin Dwiki Darmawan Universitas PGRI Madiun
  • Fiska Kholifahtul Muslima Universitas PGRI Madiun
  • Anggita Dian Rahmawati Universitas PGRI Madiun
  • Elsa Widya Wati Universitas PGRI Madiun
  • Aditya Suryo Yudhanto Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.58918/ulina.v2i1.235

Keywords:

UMKM, digitalisasi, teknologi, bisnis, sosial media

Abstract

Perkembangan era digitalisasi dizaman sekarang sangatlah pesat, teknologi merubah segala bidang dalam berbisnis, salah satunya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di Indonesia keberadaan UMKM sangat memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian. Oleh karena itu, pelaku usaha UMKM harus terus belajar dan siap dalam perubahan model bisnis berbasis teknologi agar pelaku usaha dapat bertahan dengan segala perubahan perkembangan bisnis yang sangat cepat. Dengan adanya perubahan tersebut salah satunya dengan mendigitalisasi produk UMKM. Pendampingan dan pelatihan bagi pelaku UMKM Kerupuk Krecek Gurih Barokah Dusun Gundi Desa Sedah tentang permasalahan terkait bagaimana menggunakan sosial media untuk berbisnis. Edukasi bagi pelaku UMKM Kerupuk Krecek Gurih Barokah Gundi terkait bagaimana mengkoneksikan produk secara digital penting untuk dilakukan agar bisnis tidak hanya bertahan di tengah persaingan tapi juga bisa bertumbuh dan berkembang dalam skala yang lebih besar. Penelitian ini melakukan pendekata secara kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi mengenai dokumen indentitas produk seperti label. Digitalisasi media sosial seperti Instagram, Facebook berperan untuk mengubah cara penggunaan media sosial Digitalisasi ini bertujuan untuk mengubah cara penggunaan media sosial dari UMKM yang berbasis tradisional ke sebuah UMKM yang lebih modern dan berorientasi pada teknologi. Digitalisasi media sosial mempengaruhi bisnis Krupuk Krecek Barokah dengan cara meningkatkan jangkauan pasar, interaksi dengan pelanggan, dan kesadaran merek. Dampak spesifik digitalisasi media sosial terhadap bisnis Krupuk Krecek Barokah yaitu menghasilkan produktivitas dari segi pemasaran UMKM Krupuk Krecek Gurih Barokah dan dapat meningkatkan omset strategi penjualan online terserap secara maksiamal sehinga pelaku UMKM tertarik memasarkan produknya melalui penggunaan fitur facebook ads dan instagram ads.

References

Alinsari, N. (2020). Peningkatan literasi keuangan pada umkm melalui pelatihan dan pendampingan pembukuan sederhana. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 256-268.

Caniago, I., Siregar, N. Y., & Meilina, R. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Aplikasi Siapik Pada Pelaku Umkm Pemula Di Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 4(01), 40-47.

Diyani, L. A., Oktapriana, C., & Rachman, H. A. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Pengelolaan Keuangan Bagi Penggiat Umkm Usia Muda. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 583-598.

Hairunisya, N., & Subiyantoro, H. (2017). Pelatihan dan pendampingan pembuatan laporan keuangan kepada pengusaha umkm di kecamatan karangrejo kabupaten tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 35-45.

Justitia, A., Werdiningsih, I., Effendy, F., & Taufik, T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 60-72.

Komalasari, E., Widiawati, D., & Puteri, N. E. (2021). Pendampingan Pengurusan P-IRT UMKM Pangan di Desa Cikidang, Sukabumi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia p-ISSN, 2655, 6277.

Muhardono, A., & Satrio, D. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm di Desa Kertoharjo Kelurahan Kuripan Kertoharjo. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 359-368.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication: jurnal pengabdian masyarakat, 4(2), 137-148.

Mardi Astutik, Z. R. R. (2023). Analisis Pengembangan UMKM Krecek dan Pengembangan BUMDES Desa Badang Ngoro Jombang Mardi. 83–88.

Miranda, S. I. (2021). STRATEGI PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PEHWETAN. 01(01).

Published

2024-01-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pendampingan dan Pelatihan UMKM Kerupuk Krecek Gurih Barokah Gundi Sedah Berbasis Teknologi Informasi yang Berdaya Saing di Era Digitalisasi. (2024). ULINA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 21-27. https://doi.org/10.58918/ulina.v2i1.235