Bimbingan Teknis Optimalisasi Peran Unit Penjaminan Mutu
DOI:
https://doi.org/10.58918/ulina.v3i1.288Keywords:
Unit Penjaminan Mutu, Standar Pendidikan Tinggi, SN Dikti, SPMIAbstract
Keberadaan Unit Penjaminan Mutu telah banyak memberikan arah dan kebijakan dalam membangun budaya mutu di 6 (enam) Perguruan Tinggi Swasta yakni Universitas Mandiri Bina Prestasi 7 Program Studi, Universitas Quality Berastagi 9 Program Studi, Universitas Satya Terra Bhinneka 6 Program Studi, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara 14 Program Studi, Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia 11 Program Studi dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sehat Medan 5 Program Studi dengan jumlah keseluruhan 52 Program Studi. Namun demikian masih terdapat sejumlah 96% Program Studi yang terakreditasi C atau Baik, dengan rincian Universitas Mandiri Bina Prestasi 86%, Universitas Quality Berastagi 100%, Universitas Satya Terra Bhinneka 100%, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara 100%, Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia 91% dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sehat Medan 100% sangat perlu ditingkatkan menjadi peringkat akreditasi Unggul atau Sangat Baik. Diyakini bahwa upaya peningkatan peringkat akreditasi dan budaya mutu Program Studi tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan prinsip peningkatan standar SPMI secara berencana dan berkelanjutan melalui implementasi PPEPP. Selanjutnya melalui intervensi bantuan dana dari Pemerintah Pusat dan Pendampingan dari PT Pembina, komitmen penerapan pendekatan siklus PPEPP terutama tentang evaluasi, pengendalian dan peningkatan standar SPMI. Sehingga tujuan pengajuan program bantuan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Program Studi berkemampuan meningkatkan budaya mutu dengan target akreditasi berperingkat unggul. Program kegiatan yang akan dijalankan adalah Diseminasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Perancangan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi, Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal, Pengelolaan Data dan Informasi terkait Penjaminan Mutu, Tata Kelola Akademik, dan Rencana Tindak Lanjut. Hasil yang diharapkan prodi binaan mencapai peningkatan kualitas akreditasi unggul. Serapan pendanaan yang diperlukan untuk mencapai kegiatan pembinaan adalah sebesar Rp.387.775.043,- (Tiga ratus delapan puluh tujuh juta tujuh ratus tujuh puluh lima ribu empat puluh tiga rupiah).
References
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 16, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesoa Nomor 5500);
Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2021 tentang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 156);
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 28 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 963);
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Mandiri Bina Prestasi Revisi Tahun 2023;
Kaban, R., Simbolon, M. H., & Abdullah, A. (2019). Aplikasi E-Archiving dan Monitoring Surat Menyurat. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 4(2), 112–119. https://doi.org/10.54367/means.v4i2.544
Simbolon, M. H., Lismardiana, Dumariani Silalahi, D., & Banjarnahor, S. M. T. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif TK Kana Nasional dengan pemanfaatan Multimedia. ULINA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.58918/ulina.v1i1.181
Simbolon, M. H., Simbolon, F. H., Pasaribu, M., & ... (2021). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penyampaian Tata Acara Ibadah Gereja HKBP Getsemane Ressort HKBP Tapian Nauli Sunggal. … Kepada Masyarakat, 1, 32–41.
Simbolon, M. H., Sitanggang, E. D., Banjarnahor, S. M. T., Sartana, Simbolon, F. H., & Pasaribu, M. (2021). Pembuatan Dan Pengelolaan Website Sekolah Sebagai. Abdimas Mandiri-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 75–80. https://ejournal.politeknikmbp.ac.id/index.php/abdimaspkm/article/download/38/35
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marice Hotnauli Simbolon, Sarman Sinaga, Wanra Tarigan, Sartana, Bertha Nerpy Siahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
