Pelatihan Pemrograman Dasar dan Penerapan Algoritma Berbasis Python

Authors

  • Hari Ramadhan Universitas Potensi Utama
  • Dedi Leman Institut Bisnis Dan Komputer Indonesia
  • Adil Setiawan Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.58918/3sbm9618

Keywords:

Pemrograman Dasar, Python, Instalasi Python, Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian

Abstract

Setiap peserta dididk pada umumnya akan mengikuti standar pendidikan dan pembelajaran disekolah, dengan kemampuan yang belum pernah dimiliki oleh peserta dididik maka peserta didik diajak untuk dapat belajar mengasa kemampuan mereka masing-masing disekolah. Namun disetiap lembaga tahu sekolah tingkat kejuruan tetap memiliki standart kompetensi yang sudah diatur, oleh karena itu peserta didik tidak memiliki pengalaman diluar dari standart kompetensi yang diberikan melalui materi-materi yang sampaikan. Dalam hal ini tidak lupa juga pemateri berdiskusi lebih dulu dengan guru bidang studi dan ditemukanlah ide untuk memberikan sedikit wawasan dan juga pengalaman kepada siswa dan siswi kelas X ini khususnya dalam bidang algoritma pemrograman dalam bentuk kegiatan pelatihan. Untuk memberikan wawasan tambahan implementasi pemrograman dasar berbasis Python sebagai tambahan ilmu pengetahuan bagi siswa dan siswi kelas X ini merupakan salah satu tujuan dari pemateri dan rekan-rekan sejawat. Selanjutnya pelaksanaan pelatihan ini juga merupakan salah satu kegiatan rutin dari setiap tenaga pendidik dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab kami dan juga pemateri dalam tugas pokok. Dimana tugas pokok pemateri dan juga rekan sejawat ini rutin dilaksanakan setiap semester atau 6 bulan sekali. Dimana nantinya peserta didik juga akan mendapatkan manfaat dari pelaksanaan pelatihan ini yakni peserta didik akan dapat mengembangkan pengetahuan algoritma mereka dengan implementasi bahasa perograman diluar dari yang pernah peserta didik pelajari disekolah saat ini.

References

A. Prasetya, “Penggunaan Augmented Reality Pada Aplikasi Pembelajaran Interaktif Untuk Anak,” Sci. J. Ilm. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 69, pp. 1–23, 2024.

S. A. N. Safitri, T. Rijanto, L. E. C. Ningrum, and Y. Fransisca, “Pengembangan E-Modul Sebagai Media Belajar Pada Materi Pemrograman Dasar Bahasa C Untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video Di Smk 3 Surabaya,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 11, no. 03, pp. 399–407, 2022, doi: 10.26740/jpte.v11n03.p399-407.

R. Ellis, P. Diantra Sampe, * Program, S. Bimbingan, D. Konseling, and U. Pattimura, “Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan,” J. Pedagog. dan Din. Pendidik., vol. 10, no. 1, pp. 12–17, 2022.

M. Nasukha, “Pengembangan Modul Pemrograman Dasar Algoritma dengan PBL Siswa Menjadi Paham,” vol. 5, no. 2016, pp. 6503–6511.

K. N. Erawati, N. Nengah, D. Ardiani, and G. A. Santiago, “E-Module Interaktif Berbasis Flipbook Pada Matakuliah Machine Learning Untuk,” vol. 10, 2024.

A. M. Alimuddin and Yuzrizal, “Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam,” J. Pendidik. dan Pemikir. Islam, vol. 7, no. 2, pp. 113–122, 2020, [Online]. Available: http://conference.kuis.edu.my/pasak2017/images/prosiding/nilaisejagat/10-MAAD-AHMAD.pdf

I. Khairiah, A. Pemrograman, : Studi, and P. Pemahaman, “Yahfizham,” J. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 1, no. 4, pp. 2987–5315, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.59581/konstanta.v1i4.1673

Q. Muhammad et al., “Penggunaan Bahasa C++ dalam Perkuliahan Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik,” J. Majemuk, vol. 3, no. 1, pp. 143–151, 2024, [Online]. Available: http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/majemuk

M. Yetri, “Penerapan Algoritma Certainty Factor Dalam Mendiagnosa Gangguan Pernapasan Pada Bayi,” vol. 2, pp. 192–199, 2023.

M. Rizki et al., “UJI PENETRASI MENGGUNAKAN HYDRA DAN METASPLOIT PADA PROTOKOL SECURE SHELL,” vol. 9, no. 1, pp. 1017–1024, 2025.

H. Hikmawati, S. Ayub, and A. Busyairi, “Inovasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Dalam Dunia Pendidikan,” J. Pendidik. dan Pengabdi. Masy., vol. 6, no. 4, pp. 237–246, 2023.

H. S. Basalamah, U. M. Indonesia, U. M. Indonesia, and U. M. Indonesia, “PENGEMBANGAN,” vol. 7, no. 2, pp. 895–904, 2024.

S. Karisma, M. F. Zuhdi, and S. A. Choirunnisa, “PEMBERDAYAAN SISWA MELALUI SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI PENCEGAHAN BULLYING DI SDN 03 KALISORO,” vol. 2, pp. 267–274, 2024.

Published

2025-08-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pelatihan Pemrograman Dasar dan Penerapan Algoritma Berbasis Python. (2025). ULINA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1-10. https://doi.org/10.58918/3sbm9618