Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Matematika Untuk Siswa SMA

Penulis

  • Virdyra Tasril Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.58918/lofian.v1i2.174

Kata Kunci:

Aplikasi, Multimedia, Interaktif, Adobe Flash

Abstrak

Zaman sekarang aplikasi multimedia dianggap sebagai salah satu media pembelajaran yang menarik minat belajar siswa, sebagai upaya untuk menyentuh panca indera berupa penglihatan dan pendengaran. Pembelajaran bertujuan untuk bisa memberikan pengalaman belajar bagi siswa. Penggunaan multimedia dalam proses belajar bertujuan untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang lebih menarik. Peneliti bermaksud mengembangkan aplikasi perangkat lunak media pembelajaran multimedia yang mampu menjelaskan perhitungan matematika yang lebih interaktif. Kontribusi penggunaan aplikasi multimedia interaktif pembelajaran matematika dapat dirasakan memiliki banyak manfaat yang positif untuk proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan multimedia dengan metode prototype. Rancangan aplikasi menggunakan Adobe Flash CS3. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis desktop sebagai media pembelajaran matematika dimana materi bahasannya mengenai menghitung luas bangun ruang, aplikasi data statistik, dan aplikasi trigonometri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

G. Y. Swara, A. Ambiyar, F. Fadhilah, and S. Syahril, “Pengembangan multimedia pembelajaran matematika sebagai upaya mendukung proses pembelajaran blended learning,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 105–117, 2020, doi: 10.21831/jitp.v7i2.35028.

A. S. Afrizal, “Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Multimedia Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar Kelas I (Satu),” Tek. Inform., vol. III, no. 2, pp. 10–21, 2015.

Kurniawan Eddy, “Aplikasi Multimedia Sebagai Media Informasi Interaktif Pada Program Fisioterapi di Pedesaan,” Teknol. Terap. dan Sains, pp. 72–74, 2020.

Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan, vol. 58, no. 12. 2012.

F. Armansyah, S. Sulton, and S. Sulthoni, “Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 224–229, 2019, doi: 10.17977/um038v2i32019p224.

Supriyadi, “Adobe Flash Untuk Mendukung Pembelajaran,” Stmik Nusa Mandiri Jakarta, vol. VII, no. September, pp. 38–42, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/1490.

U. Meningkatkan and H. Belajar, “AL FATIH https://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF Volume 1, Nomor 1, 2021,” vol. 1, pp. 74–78, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-03

Cara Mengutip

Tasril, V. (2022). Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Matematika Untuk Siswa SMA. LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 38–44. https://doi.org/10.58918/lofian.v1i2.174

Terbitan

Bagian

Articles