Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Promosi Produk Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)

Authors

  • Muhammad Rayda Bazhrullah Universitas Mulia
  • Tina Tri Wulansari Universitas Mulia
  • Nariza Wanti Wulan Sari Universitas Mulia
  • Fahrullah Fahrullah Universitas Mulia
  • Dedy Mirwansyah Universitas Mulia

Keywords:

moora, promosi, sistem pendukung keputusan

Abstract

Dalam suatu bisnis, diperlukan upaya memaksimalkan keuntungan diantaranya dengan melakukan promosi. Masa Coffee pada saat ini masih belum menggunakan data penjualan yang terdokumentasi untuk mengamati selera konsumen sebagai dasar melakukan promosi produk. Dengan demikian perlu adanya sebuah sistem yang dapat membantu menentukan rekomendasi promosi. Sistem pendukung keputusan tentunya akan lebih mempermudah dalam pengambilan keputusan dalam mengevaluasi rekomendasi promosi produk. Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA) ini dapat dimanfaatkan dalam proses penentuan rekomendasi promosi produk. Metode ini memiliki hasil yang berupa perankingan dimana rekomendasi promosi produk diambil dari ranking terendah dalam membantu pengambilan keputusan agar memudahkan pihak Kedai Masa Coffee dalam menentukan rekomendasi produk. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode SPK dan alat bantu analisis yang digunakan adalah flowchart, CD, DFD, dan ERD dengan metode pengujian blackbox. Dari hasil perhitungan pada sistem ini, didapat bahwa terdapat produk yang dipilih untuk dijadikan produk promosi yaitu produk Americano dengan nilai 0,045156.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, M.R, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MYSQL. Yogyakarta: Andi, 2011.

Pangestu, I. D., & Fahrullah, F. (2021). PENERAPAN METODE PREFERENCE SELECTION INDEX (PSI) UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPERVISOR DI PT ARKANANTA. JURNAL TEKNOSAINS KODEPENA, 2(1), 37-49. Retrieved from http://www.jtk.kodepena.org/index.php/jtk/article/view/32

Kadir, A, Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

Novandi, D., & Fahrullah, F. (2021). IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM PEMILIHAN KEPALA DINAS XYZ . JURNAL TEKNOSAINS KODEPENA, 2(1), 6-13. Retrieved from http://www.jtk.kodepena.org/index.php/jtk/article/view/33

Pratiwi, H, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Rosa, A. S., dan Shalahuddin, M, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2013.

Soetomo, S., & Fahrullah, F. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN METODE ELECTRE UNTUK REKOMENDASI PROMOSI JABATAN KEPALA SEKOLAH. JURNAL TEKNOSAINS KODEPENA, 2(1), 26-36. Retrieved from http://www.jtk.kodepena.org/index.php/jtk/article/view/34

Trimarsiah, Y., & Arafat, M. Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana. Jurnal Ilmiah MATRIK. 2017: Vol. 19 No, 1–10.

Zulfakhri, 2020, Implementasi Metode MOORA Dalam Sistem Pendukung Keputu san Rekomendasi Toko Online. Skripsi UIN SUSKA Riau, Pekanbaru.

Downloads

Published

2022-03-26

How to Cite

Bazhrullah, M. R. ., Tina Tri Wulansari, Nariza Wanti Wulan Sari, Fahrullah, F., & Dedy Mirwansyah. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Promosi Produk Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA). LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 59–64. Retrieved from https://ejournal.umbp.ac.id/index.php/lofian/article/view/178

Issue

Section

Articles