Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelaksanaan Proses Pembelajaran Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (Studi Kasus : AMIK Medan Business Polytechnic)

Authors

  • Ratna Wati Simbolon AMIK Medan Business Polytechnic
  • Sariadin Siallagan AMIK Medan Business Polytechnic
  • Erni Dewi Munte AMIK Medan Business Polytechnic
  • Berlin Barus AMIK Medan Business Polytechnic

Keywords:

Kepuasan, Pengukuran, Pelayanan, Pembelajaran, Metode IPA

Abstract

Kepuasan mahasiswa adalah tingkat perasaan mahasiswa setelah mendapatkan pelayanan dari suatu kepentingannya. Perasaan tersebut timbul karena mahasiswa membandingkan harapan mengenai jasa yang akan diperoleh dengan kenyataan yang ada. Kepuasan itu sifatnya subjektif dan penilaian tetap tergantung kepada mahasiswa yang memperoleh pelayanan itu. Dengan demikian dibutuhkan rumusan untuk mengukur tingkat kepuasan tersebut lalu di analisa dan di ambil keputusan mengenai tingkat kepuasan yang diperoleh. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dari mahasiswa aktif, dimana kuesioner disebar dalam bentuk google formulir disebabkan pembelajaran masih dilakukan secara daring oleh karena pandemi covid-19. Dalam penelitian ini, tujuan yang dilakukan adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh perguruan tinggi AMIK Medan Business Polytechnic dengan metode Importance Performance Analysis (IPA), yaitu menggunakan atribut Wujud (Tangibles), Keandalan (realibility), Ketanggapan (responsiveness), Kepastian (Assurance), Empati (Empathy). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil rata-rata tingkat kesesuaian antara kinerja (Performance) dan kepentingan (Importance) sebesar 95% dan itu berarti kriteria tingkat kesesuaian sudah sangat sesuai. Namun oleh karena nilai tingkat kesesuaian masih kurang dari 100% maka masih perlu dilakukan perbaikan terhadap kualitas pelayanan di kampus AMIK Medan Business Polytechnic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. Kotler, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta, 1997.

Erwin Daniel Sitanggang et al 2019 J. Phys.: Conf. Ser. 1235 012061.

Sari, A. P. (2019). Pengukuran Keberhasilan Penerapan Sistem Institutional Repository di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Menggunakan Human Organization Technology (HOT) Fit Model. Jakarta:UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Subiyakto, A., Ahlan, A. R., Kartiwi, M., Putra, S. J., & Durachman, Y. (2016, Oktober). The User Satisfaction Perspectives of the Information System Projects. Indonesian Journal of Elektrical and Computer Science, 4(1), 215-223.

Adelin, Fatmariani, 2013, Web Portal Jurnal Ilmiah Online Kopertis Wilayah II Palembang, seperti yang diamatkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) No.20 Tahun 2003, Vol. 2 No. 2 Mei 2013.

Tiako, P. F. (2009). Software Applications: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications. Hershey & Net York: IGI Global.

Irawan, B., Kurnia, R. A., Sitanggang, E. D., & Sembiring, M. (2021). The College Academic Service Decision Support System Uses Service Quality and Importance-Performance Analysis Methods. INFOKUM, 10(1), 74-85. Retrieved from http://infor.seaninstitute.org/index.php/infokum/article/view/219

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa. Andi Yogyakarta.

Supranto J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Bineka Cipta. Jakarta.

Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta.

Tjiptono, F. 2011. Service, Quality&Satisfaction Edisi 3. ANDI. Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Ghozali, 2005. Aplikasi Analisis Multivarariate Dengan Program SPSS.Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang. Semarang.

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Simbolon, R. W., Siallagan, S., Munte, E. D., & Barus, B. (2022). Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelaksanaan Proses Pembelajaran Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (Studi Kasus : AMIK Medan Business Polytechnic). LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 21–28. Retrieved from https://ejournal.umbp.ac.id/index.php/lofian/article/view/171

Issue

Section

Articles