Penerapan Algoritma K-Means Dalam Pengelompokan Tingkat Kedisiplinan Waiters The K Hotel Medan

Authors

  • Preddy Marpaung STMIK Pelita Nuantara
  • Rinawati Silaen STMIK Pelita Nusantara
  • Windy STMIK Pelita Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.58918/lofian.v4i1.258

Keywords:

Waiters, Perhotelan, Tingkat Kedisiplinan, The K Hotel, Algoritma K-Means Clustering

Abstract

Waiters The K Hotel merupakan bagian terdepan untuk bertugas sebagai penyambut tamu tamu hotel. Setiap waiters The K Hotel diharuskan menyediakan layanan paling optimal kepada pelanggan atau konsumen dalam memberikan pelayanannya, oleh karena itu kedisiplinan waiters menjadi dasar utama dalam memberikan pelayanan terbaiknya, sehingga pihak manajemen melakukan evaluasi terhadap tingkat kedisiplinan waiters mereka. Namun dalam menentukan tingkat kedisiplinan waitersnya dengan mengamati dan menafsirkan sepihak oleh manajemen, sehingga kurang efesien dan tidak cukup professional. Sehinga perlu dilakukan penilaian tingkat kedisiplinan waiters ke dalam 3 cluster yaitu Sangat Baik (C1), Baik (C2), dan Kurang (C3) menggunakan sebuah algoritma. Algoritma yang diterapkan dalam mengatasi masalah pengelompokan tingkat kedisiplinan adalah algoritma K-Means Clustering. Dimana ouput dari algoritma ini, dapat mengasilkan dari sepuluh data ke dalam beberapa kelompok, yaitu Sangat Baik (C1) terdapat 6 data, Baik (C2) terdapat 2 data, dan Kurang (C3) terdapat 2 data.  Sehingga dengan hasil yang diperoleh, dapat membantu manajemen The K Hotel dalam menilai kinerja pelayanan para waiternya setiap periode.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. Marpaung and H. Pandiangan, “Utilization of the MOORA Method for Recommended Selection of Best Waiters in Hospitality,” vol. 4, no. 36, pp. 566–573, 2020.

V. N. Amadhy, Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Menggunakan Framework Balanced Scorecard Pada Hotel Merdeka Madiun. repository.its.ac.id, 2020.

N. Shah and K. Shah, “Introduction to Data Mining,” in Practical Data Mining Techniques and Applications, 2023.

P. M. Novi Putriani Giawa1 and 2 1, “Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Pepaya,” J. Sist. Inf. DAN Teknol. Jar., vol. 2, no. 2, 2015.

P. Marpaung, D. Candro Parulian Sinaga, B. Sianipar, M. Laia, J. Muda No, and S. Utara, “PENERAPAN METODE MOORA DALAM MENENTUKAN PERUMAHAN SUBSIDI TERBAIK DI DAERAH SEI MENCIRIM STMIK PELITA NUSANTARA,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 6, no. 2, 2022.

Muhammad Robith Adani, “Mengenal Konsep Data Mining Beserta Contoh Implementasinya,” Sekawanmedia.Co.Id, 2021. .

Preddy, P. Marpaung, I. Pebrian, and W. Putri, “Penerapan Data Mining Untuk Pengelompokan Kepadatan Penduduk Kabupaten Deli Serdang Menggunakan Algoritma K-Means,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 64–70, 2023.

Q. I. Mawarni and E. S. Budi, “Implementasi Algoritma K-Means Clustering Dalam Penilaian Kedisiplinan Siswa,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 3, no. 4, p. 522, 2022.

P. Marpaung and R. F. Siahaan, “Penerapan Algoritma K-Means Clustering Untuk Pemetaan Kepadatan Penduduk Berdasarkan Jumlah Penduduk Kota Medan,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., 2021.

A. Janßen and P. Wan, “k-means clustering of extremes,” Electron. J. Stat., vol. 14, no. 1, 2020.

P. Marpaung, I. Febrian, and W. Putri, “Penerapan Data Mining Dalam Menentukan Tingkat Kedisiplinan Karyawan Perhotelan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 1, 2024.

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penerapan Algoritma K-Means Dalam Pengelompokan Tingkat Kedisiplinan Waiters The K Hotel Medan. (2024). LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(1), 37-41. https://doi.org/10.58918/lofian.v4i1.258

Similar Articles

11-20 of 22

You may also start an advanced similarity search for this article.