Perancangan dan Implementasi Game Edukasi 3D "Solid Figure Shooter" Berbasis Unity Engine dalam Pembelajaran Pengenalan Bangun Ruang pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD)
DOI:
https://doi.org/10.58918/lofian.v4i1.265Keywords:
Game “Solid Figure Shooter”, Black box, Matematika, ADDIE, Game EdukasiAbstract
Penelitian ini menggunakan Research and Development dengan model prosedur penelitian ADDIE. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi serta digabungkan dengan sistem pengujian Black Box Testing dan validasi kelayakan produk oleh para ahli untuk memberikan tanggapan mengenai kelayakan game “Solid Figure Shooter”. Validasi kelayakan produk dianalisis dan dikonversi menggunakan Skala Likert. Tujuan pada penelitian ini untuk Mengetahui kelayakan dari perancangan game “Solid Figure Shooter” sebagai alternatif media pembelajaran interaktif pada materi pengenalan bangun ruang mata pelajaran matematika di SD Negeri Grogol 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game “Solid Figure Shooter” memperoleh kriteria sangat layak menurut ahli materi dengan rata-rata persentase tingkat kelayakan 77,5%, validasi oleh ahli media mendapat rata-rata persentase tingkat kelayakan 82,5% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian kelayakan oleh pendidik mendapatkan rata-rata persentase 92,5% dengan kriteria Sangat Layak, sehingga game “Solid Figure Shooter” layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dan sarana hiburan saat belajar mandiri kapanpun dan dimanapun.
Downloads
References
Andi Kaharuddin Dan Nining Hajeniati. (2020). Pembelajaran Inovatif Dan Kreativ. Pusaka Almaida. Gowa..
Aminah, Siti. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Pada Smp Negeri 8 Pagaralam. Jurnal Ilmiah Betrix
Astuti, S., Fitriyanti, N., Bogi Aditya Karna, N., Rizki Awany, N., Fajar Firdiansyah, M., Noveri Alfariji, R., Dearly Herman, D., Risqi Risfianda, M., & Nurkhaliz, M. (2022). “Tooth And Fairy” Berbasis Android Menggunakan Unity Engine.
Debbie, Noviana Sandra. (2017). Perancangan Game Edukasi “Kiding” Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Unity Engine Berbasis Multimedia.
Eng, V. (2021, March). Rancang Bangun Game Edukasi untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika Kelas 3 SD Dengan Menggunakan Unity. In CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences (Vol. 1, No. 1, pp. 784-792).
Ramadhanti, N. F., Lamada, M., & Riska, M. (2021). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi 3d “Finding Geometry” Berbasis Unity Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Matematika. 4(2).
Rudini, D., Bastian, A., & Zaliluddin, D. (N.D.). Perancangan Game Kasada Aksara Dan Bahasa Sunda Sebagai Media Edukasi Menggunakan Unity Berbasis Android. In Journal Of Engineering And Sustainable Technology.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Oktarika, D., Sabirin, F., & Sulistiyarini, D. (2022). LITERA: Game edukasi literasi teknologi informasi dan komunikasi bermuatan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains.
Saputra, B., & Herliana, A. (2023). Pengembangan Game Edukasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Unity. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 6(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Canakya Bima Ananda Putra, Anita Trisiana, Yudhistiro Pandu Widhoyoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


