Perancangan dan Implementasi Game Edukasi 3D "Solid Figure Shooter" Berbasis Unity Engine dalam Pembelajaran Pengenalan Bangun Ruang pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD)

Authors

  • Canakya Bima Ananda Putra Universitas Slamet Riyadi
  • Anita Trisiana Universitas Slamet Riyadi
  • Yudhistiro Pandu Widhoyoko Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.58918/lofian.v4i1.265

Keywords:

Game “Solid Figure Shooter”, Black box, Matematika, ADDIE, Game Edukasi

Abstract

Penelitian ini menggunakan Research and Development dengan model prosedur penelitian ADDIE. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi serta digabungkan dengan sistem pengujian Black Box Testing dan validasi kelayakan produk oleh para ahli untuk memberikan tanggapan mengenai kelayakan game “Solid Figure Shooter”. Validasi kelayakan produk dianalisis dan dikonversi menggunakan Skala Likert. Tujuan pada penelitian ini untuk Mengetahui kelayakan dari perancangan game “Solid Figure Shooter” sebagai alternatif media pembelajaran interaktif pada materi pengenalan bangun ruang mata pelajaran matematika di SD Negeri Grogol 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game “Solid Figure Shooter” memperoleh kriteria sangat layak menurut ahli materi dengan rata-rata persentase tingkat kelayakan 77,5%, validasi oleh ahli media mendapat rata-rata persentase tingkat kelayakan 82,5% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian kelayakan oleh pendidik mendapatkan rata-rata persentase 92,5% dengan kriteria Sangat Layak, sehingga game “Solid Figure Shooter” layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dan sarana hiburan saat belajar mandiri kapanpun dan dimanapun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Kaharuddin Dan Nining Hajeniati. (2020). Pembelajaran Inovatif Dan Kreativ. Pusaka Almaida. Gowa..

Aminah, Siti. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Pada Smp Negeri 8 Pagaralam. Jurnal Ilmiah Betrix

Astuti, S., Fitriyanti, N., Bogi Aditya Karna, N., Rizki Awany, N., Fajar Firdiansyah, M., Noveri Alfariji, R., Dearly Herman, D., Risqi Risfianda, M., & Nurkhaliz, M. (2022). “Tooth And Fairy” Berbasis Android Menggunakan Unity Engine.

Debbie, Noviana Sandra. (2017). Perancangan Game Edukasi “Kiding” Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Unity Engine Berbasis Multimedia.

Eng, V. (2021, March). Rancang Bangun Game Edukasi untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika Kelas 3 SD Dengan Menggunakan Unity. In CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences (Vol. 1, No. 1, pp. 784-792).

Ramadhanti, N. F., Lamada, M., & Riska, M. (2021). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi 3d “Finding Geometry” Berbasis Unity Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Matematika. 4(2).

Rudini, D., Bastian, A., & Zaliluddin, D. (N.D.). Perancangan Game Kasada Aksara Dan Bahasa Sunda Sebagai Media Edukasi Menggunakan Unity Berbasis Android. In Journal Of Engineering And Sustainable Technology.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Oktarika, D., Sabirin, F., & Sulistiyarini, D. (2022). LITERA: Game edukasi literasi teknologi informasi dan komunikasi bermuatan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains.

Saputra, B., & Herliana, A. (2023). Pengembangan Game Edukasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Unity. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 6(3).

Published

2024-08-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

Perancangan dan Implementasi Game Edukasi 3D "Solid Figure Shooter" Berbasis Unity Engine dalam Pembelajaran Pengenalan Bangun Ruang pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD). (2024). LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(1), 57-63. https://doi.org/10.58918/lofian.v4i1.265